Liga Utama Singapura beserta Sejarah Singkat Pendiriannya

Liga Utama Singapura atau dalam bahasa inggrisnya Singapura Premier League atau SPL adalah salah satu nama klub sepak bola domestik tertiggi di Negara Singapura. Sebagai federasi sepak bola tingkat klub, tentunya diikuti oleh beberapa anggota kesebelasan bukan? Yap, sama halnya dengan Liga utama Singapura yang juga diikuti oleh beberapa kesebelasan yang tentunya juga sangat berperan dalam pembentukan dan pencapaian prestasi oleh Liga Utama Singapura ini.

Seberapa banyak kah Anda mengetahui tentang SPL ini? Mungkin sebagain dari Anda sudah ada yang mengetahui, terutama Anda yang menjadi fans atau pendukung salah satu tim kesebelasan anggota Liga utama Singapura ini. Hal-hal yang Anda ketahui kebanyakan merupakan hal umum yang sudah banyak beredar informasinya tentunya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahasa sedikit sejarah singkat mengenai Liga Utama Singapura. Alangkah baiknya apabila kita mengagumi suatu hal kita juga harus mengetahui tentang sejarahnya atau asal mulanya bukan? Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila kita mengetahui lebih lanjut. Langsung saja, simak sedikit ulasan di bawah ini :
Sebelum tahun 1996, sepak bola bukan merupakan salah satu olahraga atau pun pertandingan yang menjadi incaran atau kegemaran masyarakat, khususnya masyarakat Singapura. Daya tarik mereka terhadap pertandingan sepak bola bisa dibilang sangat rendah sekali dan tidak ada kemajuan dari tahun ke tahun. Hal ini bisa dibilang cukup memprihatinkan bukan? Karena pada waktu yang sama Liga Singapura juga telah banyak menorehkan prestasi, salah satunya sebagai pemenang piala Malaysia mengalahkan Malaysia yang notabene menjadi tuan rumah pertandingan. Selain itu, Liga Singapura juga mendapatkan dukungan yang antusias dan penggemar yang datang dari Malaysia. Hal ini tentunya menjadi suatu hal yang lebih memprihatinkan bukan?

Oleh sebab itu, terdapat pemikiran baru untuk menciptakan suatu liga pertandingan sepak bola baru yang juga disepakati oleh pelatih sepak bola Singapura saat itu yaitu Douglass More. Terbukti pada awal 1996 terbentuk liga dengan nama S league atau Singapura League yang beranggotakan 6 kesebelasan kalau tidak salah pada saat itu. Setelah berhasil terbentuk klub pertandingan domestik Singapura, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah meningkatkan promosi dan pengembangan pemain menuju tahap yang lebih baik lagi. Terlebih lagi untuk mendapatkan dukungan dan apresiasi dari masyarakat Singapura sendiri. Hal ini terbukti pada tahun 2003 terbentuk Young Lions yang mana berarti sebagai perekrutan pemain-pemain muda dibawah 23 tahun yang berada di bawah naungan langsung FAS. Selain sebagai upaya peningkatan mutu pemain dan pertahanan prestasi, hal ini tentunya juga menjadi salah satu penarik minat dan apresiasi masyarakat Singapura dalam bidang Sepak Bola.

Posted in Berita Bola, Blog, Klub, Kompetisi, Pertandingan

Leave a Comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *