Adam Swandi, Masa Depan Cerah Sepakbola Singapura

Adam Swandi, Masa Depan Cerah Sepakbola Singapura – Dalam kompetisi sepakbola, regenerasi pemain menjadi salah satu yang paling penting. Penghargaan pemain muda terbaik juga menjadi salah satu tolak ukur pemain muda berbakat. Dalam ajang Singapore Premier League, muncul salah satu nama pemain lokal dari Singapura yang cukup bersinar dan terpilih menjadi pemain muda terbaik di S-League. Dia adalah Adam Swandi.

Adam bin Swandi merupakan pesepakbola muda yang berasal dari Singapura yang bermain untuk Home United. Pemain yang lahir pada 12 Januari 1996 silam ini merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang seriang, baik untuk Home United maupun untuk tim nasional Singapura. Adam Swandi merupakan anak dari pasangan Swandi Kitto dan Hamidah Dasuki.

Adam Swandi mulai bermain sepakbola semenjak dirinya berusia 4 tahun. Kala itu ia dilatih langsung oleh mantan penjaga gawang tim nasional Singapura yaitu Yaacob Hasim. Adam kemudian masuk ke Singapore Sports School dan lulus pada tahun 2010. Adam yang merupakan anak dari mantan striker timnas Singapura sepertinya mewarisi bakat dari sang ayah. Meski bermain di posisi yang berbeda, pemuda 23 tahun tersebut mampu bermain impresif semenjak dini. Bermain sebagai gelandang serang, Adam Swandi dapat mengatur tempo permainan tim yang di belanya. Berkat permainannya yang sangat cemerlang, dia sudah bermain untuk tim nasional Singapura level junior, hingga bermain di level senior dalam waktu yang singkat.

Selama karir profesionalnya, Adam sudah bermain untuk 4 tim yang berbeda. Tim-tim yang pernah dibelanya adalah Young Lions FC pada musin 2015 dan 2016, Home United pada 2017 dan merupakan timnya saat ini, dan pernah menjadi bagian dari tim juara S-League musim 2018 yaitu Albirex Niigata. Penampilan dari Adam sendiri terbilang cukup impresif bersama tim-tim yang pernah dia bela. Dari total 111 penampilan yang pernah ia mainkan, total 17 gol yang disarangkannya ke gawang lawan. Jumlah yang impresif mengingat posisinya adalah sebagai gelandang pengatur tempo permainan. Sehingga dia memiliki banyak fans yang selalu mendukungnya.

Swandi memulai karir internasionalnya bersama tim sepakbola nasional Singapura pada saat dia masih berumur 17 tahun. Adam menjadi salah satu pemain termuda yang memulai debutnya di tim nasional Singapura. Penampilan pertama Adam untuk tim nasional Singapura di level senior adalah pada laga persahabatan melawan Myanmar. Meski memulai dari bangku cadangan, Adam dapat bermain dengan baik bersama senior-seniornya. Dirinya memulai pertandingan sebagai starting 11 adalah kala Singapura melawan Laos pada 11 Oktober 2013 silam.

Total 10 caps pertandingan resmi yang telah dijalani oleh Adam sebagai pemain tim nasional Singapura di level senior. Meski bermain di level senior pada usia muda, sebelumnya Adam bermain juga untuk tim nasional Singapura level junior U-16. Dia membuat 4 caps resmi dengan torehan 4 gol bagi tim nasional Singapura U-16.

Posted in Berita Bola, Blog, Klasmen, Klub, Kompetisi, Pertandingan

Leave a Comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *